Analisis Jurnal 1


TEMA : PENGARUH KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP EKONOMI & MASYARAKAT

Judul : ADAPTASI MASYARAKAT MISKIN TERHADAP INFLASI
AKIBAT KENAIKAN HARGA BBM

Pengarang : Dewi Hartika Nasution

Tahun : 2006

LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam  kehidupan sehari – hari di lingkungan masyarakat Indonesia, kemiskinan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan, dan masih kesulitan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan primer mereka.

BBM, yang merupakan faktor penting dalam perekonomian sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat kecil, seperti pada tahun 2005, kebijakan Pemerintah untuk menaikkan harga BBM yang dirasakan perlu untuk menyehatkan kembali perekonomian negara memberi dampak yang cukup besar kepada masyarakat kecil.

Kenaikan harga BBM berdampak luas pada kehidupan masyarakat disemua lapisan masyarakat, terutama masyarakat yang tergolong tingkat ekonomi lemah. Hal yang paling nyata dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, contohnya dalam sebuah rumah tangga di mana ibu-ibu sangat
merasakan dampak dari kenaikan harga BBM di mana semua harga kebutuhan pokok menjadi melambung di atas harga yang biasanya ada di pasaran. Hal ini tentu sangat memberatkan kehidupan perekonomian dalam rumah tangga
mereka.

Maka untuk menghadapi keadaan tersebut perlu adaya suatu strategi adaptasi yang dilakukan keluarga khususnya bagi keluarga miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka.

MASALAH

1. Bagaimanakah strategi penghematan biaya sehari-hari di Tegal Rejo?

2. Bagaimana adaptasi rakyat di Tegal Rejo terhadap Inflasi setelah kenaikan harga BBM?

PEMBAHASAN MASALAH

1. Strategi Adaptasi yang dilakukan masyarakat miskin yang ada di Kelurahan Tegal Rejo adalah pengontrolan konsumsi dan pengeluaran seperti mengurangi jenis dan pola makan, penggantian makanan yang dikonsumsi dengan makanan yang lebih murah atau terjangkau, memperbaiki rumah sendiri, menanam tanaman yang bisa dikonsumsi diperkarangan rumah mereka, membeli barang- barang yang murah dan tidak membeli barang- barang yang tidak penting, mengurangi pengeluaran untuk pendidikan dan kesehatan, pemanfaatan bantuan pemerintah dimasa krisis seperti raskin dan beasiswa-beasiswa bagi  anak – anak keluarga kurang mampu atau miskin dan mengurangi berpergian ke pesta.

2. Strategi adaptasi terhadap kenaikan harga kebutuhan pokok di Kelurahan Tegal Rejo secara umum berjalan baik karena mereka berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut dengan cara menyesuaikan penghasilan yang mereka peroleh dengan pengeluaran konsumsi rumah tangga mereka.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s