Inilah Alasan kenapa Pluto bukan sebuah Planet


Sebelum kita tahu knp pluto bukan disebut planet kita harus tahu tentang Pluto dulu🙂

Awal mula Pluto ditemukan:
Pluto

Untuk mengetahui mengapa pluto sudah tidak dianggap sebagai planet, maka kita harus tahu dulu bagaimana awal mula planet ini ditemukan. Pluto pertama kali ditemukan pada tahun 1930 oleh Clyde W. Tombaugh di Observatorium Lowell di Flagstaff Arizona. Para astronom telah lama meramalkan bahwa akan ada sebuah planet kesembilan dalam sistem tata surya, yang mereka sebut Planet X. Hanya 22 pada waktu itu, Tombaugh diberi tugas yang melelahkan yaitu membandingkan plat fotografi. Setiap objek bergerak, seperti komet, asteroid atau planet, harus ia definisikan dengan benar.

Setelah setahun pengamatan, Tombaugh akhirnya menemukan obyek di orbit yang benar, dan menyatakan bahwa ia telah menemukan Planet X. Karena mereka telah menemukan itu, tim Lowell diizinkan untuk memberikan nama objek itu.

Pemberian Nama
Dewa

Nama Pluto juga merupakan nama seorang dewa dari kebudayaan Romawi yang menguasai dunia kematian (Hades dalam kebudayaan Yunani). Nama ini diberikan mungkin karena benda angkasa ini sama gelap dan dinginnya dengan dewa tersebut,selain juga misteri yang menyelimutinya.

Ternyata banyak nama lain yang pernah ditolak untuk menamai planet baru tersebut. Salah satunya adalah Minerva, yang berarti dewi ilmu pengetahuan. Alasannya jelas, karena nama tersebut sudah dipergunakan untuk hal yang lain. Lalu ada nama Constante, merujuk pada nama pendiri observatorium tempat Clyde bekerja, Constante Lowell. Namun pemberian nama Lowell juga ditolak secara perlahan-lahan.

Alasan kenapa Pluto bukan planet

Benda angkasa disebut sebagai planet bila memiliki bagian seperti bumi yaitu gas, batu dan air sedangkan neptunus terdiri atas gas dan batu. Namun pluto hanya terdiri atas batu dan es.

es

Ukuran Pluto yg hanya berukuran 1.151 km tidak sampai setengah dari diameter merkurius yang merupakan planet yg sangat kecil.

Perbandingan Pluto dan Merkurius

Perbandingan

 

Orbit Pluto yang kadang timpang tindih dengan orbit planet Neptunus



Pluto berukuran hampir sama dengan satelit”nya yang membuat pluto hanya di anggap sebagai benda langit yg bukan disebut planet

Pluto dengan satelitnya:

itulah alasan mengapa pluto bukan disebut sebagai planet. Pluto di anggap sebagai benda angkasa yg mengikuti arus perputaran mengelilingi matahari. Pluto merupakan planet yg hanya terdiri atas es yg menyelimuti di atas permukaannya. Semoga menambah wawasan kita ya🙂

padahal udah identik banget kata kata Planet Pluto😦 kalau dirubah rasanya janggal jg ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s