Kenaikan harga cabai, mempengaruhi omzet rumah makan


Seperti kita ketahui sekarang ini harga cabai sedang meroket tajam, sampai angka 90ribu rupiah per kilogram.😮 wow! Hal ini tentu mempengaruhi harga makanan di retoran, terutama di Rumah Makan Padang yang sebagian besar masakannya menggunakan bumbu pedas nih😀 mmmm… ternyata mereka menggunakan cabai hijau sebagai alternatif , karena tidak mungkin dong cabainya dikurangi, rasanya jg pasti beda kan :s

seperti berita yang saya kutip dari sini

Meroketnya harga cabai yang semakin tak terkendali sangat mempengaruhi usaha pengelola rumah makan Padang. Para pedagang tidak mungkin mengurangi jumlah cabai yang dimasak apalagi menaikkan harga.

Andri, salah seorang pemilik rumah makan Padang di Serang, Banten, telah menyiapkan taktik jitu, yaitu mengganti cabai merah dengan cabai hijau. Ini karena harga cabai rawit merah telah menyentuh Rp 90 ribu per kilogram.

Di pasar tradisional Sukamandi, Subang, Jawa Barat, melambungnya harga cabai rawit dan cabai merah belakangan ini membuat pedagang kreatif. Mereka memanfaatkan cabai busuk untuk dikeringkan. Cabai kering ini mampu dijual seharga 45 – 60 ribu rupiah setiap kilogramnya. Rata-rata pelanggannya adalah pedagang bakso serta nasi goreng.

Sebaliknya harga cabai merah di pasar tradisional Sayung turun 10 hingga 15 ribu rupiah menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit dijual Rp 45 ribu per kilo dari harga sebelumnya Rp 50 ribu.

Tak banyak harapan para pedagang maupun konsumen kepada pemerintah. Karena sejauh ini faktor cuacalah yang dituding sebagai biang meroketnya harga cabai diawal 2011.(IAN)

Seandainya Pemerintah lebih concern dalam hal pertanian, memberi alternatif kepada petani untuk mempertahankan ladangnya terutama cabai saat ini. pasti tidak akan terjadi lompatan harga yang luar biasa seperti ini, Lebaran terasa datang lebih awal :p Semoga cepat ada solusi dari pemerintah dan para ahli sehingga harga harga bisa normal kembali, dan makan makanan pedas tidak akan terasa sepedas ini

One response to “Kenaikan harga cabai, mempengaruhi omzet rumah makan

  1. Ya…nanti harga cabai sudah sama harga emas, jadi kalau ke pasar bisa beli cabai dengan langsung tukar dengan emas😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s