5 KOPERASI KONSUMEN TERBESAR DI EROPA


5 KOPERASI KONSUMEN TERBESAR DI EROPA

Semua orang pasti tahu tentang koperasi. Sejak dari SD sampai minimal SMA, koperasi sering dibahas di mata pelajaran IPS atau Ekonomi.
Secara definisi, Koperasi adalah sebuah unit usaha yang mandiri yang dilakukan oleh anggota, dari anggota, dan untuk anggota. Koperasi dipimpin oleh prinsip yang dimiliki oleh anggotanya; tidak dikendalikan oleh pemegang saham atau investor keuangan semata-mata untuk mengejar keuntungan. Setiap anggota memiliki hak yang sama untuk suara dalam bagaimana bisnis dijalankan dan bagaimana tujuan sosialnya tercapai.
Koperasi Komsumen sendiri adalah koperasi yang anggotanya para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi

Namun, sayang Koperasi tidak begitu populer di Indonesia. Koperasi di Indonesia lebih sering kita lihat cuma toko kecil dengan omzet yang kecil dan tidak pernah melihat yang gedungnya segede mal-mal di Jakarta. dengan omzet yang tidak terbayangkan !!!

Nah, Oleh karena itu mari kita jalan-jalan sebentar ke Koperasi di Eropa.
Tidak seperti stigma negatif selama ini bahwa Eropa adalah sumber dari ekonomi liberalis-kapitalis…justru di Eropa, Koperasi menjadi unit usaha yang sangat berkembang lho..
So, Kalau ada koperasi kaya ginian di Indonesia, saya yakin 100 %, semua orang pasti lebih memilih koperasi, dibandingkan unit usaha yang lain.

1. The Co-operative Group
Co-operative

The Co-operative Group adalah koperasi konsumen di Inggris , dan memiliki konsumen terbesar di dunia bisnis, dengan lebih dari 4.500.000 anggota dan 123.000 karyawan di seluruh usahanya. Koperasi ritel Regional dan lokal masyarakat adalah anggota perusahaan dari Grup ini. Usahanya terdiri dari: makanan, perjalanan, perbankan, pertanian, property, asuransi, farmasi, pemakaman, jasa hukum, investasi, toko online, listrik, dan tempat tidur.
Pendapatan pada tahun 2008 adalah sebesar £ 9.4 Milliar , dengan keuntungan bersih £ 111 Juta. (£ 1 = Rp. 12.000)

CIS TOWER (INGET KAN YANG DULU JADI SPONSORNYA BLACKBURN ROVERS)

HEAD OFFICE BARU YANG PEMBANGUNANNYA DIMULAI MARET 2010 INI

2. Coop Norden, Skandinavia

Koperasi Norden (Koperasi Nordic) adalah gabungan koperrasi di negara Skandinavia, yaitu Denmark FDB (38%), Swedia KF (42%), dan Norwegia Koperasi NKL (20%). Sebagai pengecer Koperasi Norden mengoperasikan sekitar 1.000 toko dan memiliki omset tahunan sekitar 90 miliar krona. ( 1 krona = Rp. 1200an)
Koperasi ini memiliki 3.000.000 anggota, dan bergerak di bidang usaha ritel grosir, property,media, keuangan, transportasi logistic, dan investasi.


SUASANA DI COOP EXTRA, SALAH SATU RETAIL GROSIR COOP NORDEN

Toko Kecilnya

Khusus Organik

3. Coop Italia, Italia

Ini logonya dan kata diatas kurang lebih artinya “Coop adalah Anda”

Coop Italia adalah koperasi yang mengoperasikan jaringan supermarket terbesar di Italia.Toko koperasi pertama didirikan di Turin pada 1854 . Pada tahun 2005, Koperasi mengoperasikan hampir 1.300 toko dan mempekerjakan hampir 55.700 orang, dengan lebih dari 6.200.000 anggota dan pendapatan tahunan € 11,8 Milliar. ( € 1 = 11.000)

AYO KITA MASUK🙂

Jangan lupa berbelanja ya😀

4. Migros, Swiss

Migros (pengucapan Jerman: Migro ) adalah salah satu dari perusahaan terbesar di Swiss dan memiliki jaringan supermarket terbesar disana.
Saat ini, sebagian besar penduduk Swiss adalah anggota koperasi Migros – sekitar 2 juta dari total penduduk Swiss 7.200.000. Migros memiliki 79 000 karyawan.
Hebatnya lagi, Migros tidak menjual minuman beralkohol atau rokok di supermarketnya !!.
Pada tahun 2006, Migros mendapatkan pendapatan 20.64 Milliar Franc Swiss dan laba 754 Juta Franc Swiss. ( 1 Franc Swiss = Rp.8300 )


Contoh halaman depan supermarketnya


Ayo kita masuk ke Migros

Yang Ini Convenient Storenya atau toko kecilnya…:D

5. Edeka, Jerman

Grup Edeka adalah Koperasi di bidang supermarket yang terbesar di Jerman dan saat ini memegang pangsa pasar 26 % pasar disana. Segmen inti bisnis Grup EDEKA adalah jaringan bisnis supermarket yang oleh wiraswasta ritel. EDEKA didukung oleh 4.500 pengusaha dan 280.000 karyawan.
Hebatnya EDEKA menyediakan pelatihan kejuruan dan memiliki lebih dari 13.000 peserta pada tahun 2008
Dengan omset total sekitar USD 37 miliar dan sekitar 12.000 supermarket, Grup EDEKA menjadi Nomor Satu dalam sektor ritel makanan di Jerman.




Semoga menjadi semangat kita untuk berkoperasi. So, jangan lihat dengan sebelah mata kekuatan koperasi. Jangan pula memandang remeh atau apatis, karena jika pengelolaannya bagus, gw yakin koperasi di Indonesia bisa segede itu. Amiin😀

sumber utama : ICA (International Cooperatives Alliance), Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s